Home » » Menu & Organization Of Functionality - Interaksi Manusia dan Komputer UDINUS

Menu & Organization Of Functionality - Interaksi Manusia dan Komputer UDINUS


Haloo setelah sebelumnya kita membahas tentang User Profile pada IMK Sekarang saya akan memberikan Materi tentang Menu & Organization Of Functionality pada imk itu sendiri, Materi ini disampaikan Oleh kelompok saya Kelompok 2 yang beranggotakan :

Abdurabby Sayyaf Ruddyard (A11.2016.10019)
Rais Darmawan Dwi Yulianto (A11.2016.09809)
Agung Bhakti Ismail Pratama (A11.2016.09802)
Reva Riski Ihsandi (A11.2016.09805)
M.Rahman (A11.2016.09816)
Muhammad Adip Kolili (A11.2016.09807) ->SAYA


Sebelumnya terimakasih untuk temen temen kelompok saya, yang udah berusaha semaksimal mungkin dalam menyusun materi serta menyampaikan materi ini. Langsung simak aja yaaa ^_^

Apa Itu Menu?

Menu merupakan suatu tempat atau wadah yang banyak menampung isi di dalamnya. Setiap pilihan yang disajikan pada sebuah menu datar akan dihubungkan dengan suatu prosedur, fungsi atau bahkan suatu program yang akan melakukan suatu aktifitas sesuai dengan nama menu pilihan. Tujuan utama dari menu adalah untuk membuat pengelompokkan pekerjaan dari user dalam suatu sistem yang masuk akal, komprehensif, mudah diingat, dan mudah digunakan.

dari sumber lain mengatakan

Menu adalah cara untuk menginstruksikan penggunaan sistem kepada user.
Menu merupakan suatu cara untuk memberitahu user mengenai instruksi - instruksi yang dapat dieksekusi oleh aplikasi.

Tujuan Utama Menu

Tujuan utama dari menu adalah untuk membuat pengelompokkan pekerjaan dari user dalam suatu sistem yang masuk akal, komprehensif, mudah diingat, dan mudah digunakan. Ada beberapa jenis menu seperti single menus, linear sequence menus, tree structure menus, cyclic menus, dan acyclic network menus.

Penamaan Menu

Pada penamaan menu diharapkan agar bisa menggunakan bahasa yang sudah terbiasa atau sudah standarnya, bisa juga menyertakan nama lembaga contoh adobe dan office agar para target atau user sasaran tidak bingung dengan penamaan yang kita berikan pada menu yang ingin kita buat. Menggunakan kata kunci yang sesuai dengan apa yang ada di dalam isi menu tersebut.

Contoh Contoh Menu

Menu pada web Siadin, Udinus
Contoh menu yang ada pada website steam

Jenis Jenis Menu

Single Menu


Menu Biner (Binary Menus) adalah menu yang hanya terdiri dari satu jawaban yang pasti saja seperti angka biner kalau bukan satu pasti bernilai nol. Contohnya mnemonic letter (seperti yes/no saat konfirmasi menghapus suatu file), radio button, dan button choice.

Single Menu 

adapun single menu yg lain yaitu Extended Menus,pulldown, dan popup menus

Extended menu biasanya menampilkan banyak pilihan dengan menggunakan teknik-teknik seperti scrollbar, pulldown menus and pup up menus : dilihat dari cara permunculannya di layar

Pull down menu, adalah menu yang muncul di bagian bawah ketika kita menekan suatu tombol menu utama. Menu-menu dalam menu pulldown seharusnya berkaitan satu dengan yang lain dan juga dengan menu utama tadi.


Pop-up Menu, Menu yang muncul dalam bentuk pop up. biasanya banyak digunakan untuk warning, alert, ataupun menampilkan konfirmasi atau tindakan yang kita lakukan sebelumnya, apakah benar akan dilakukan atau tidak.




Misalnya: ketika akan menghapus sebuah file ataau berkas kita akan mendapatkan menu pop-up konfirmasi apakah benar-benar ingin menghapus atau tidak. Ketika kita jawab yes/ya pada menu itu maka file akan terhapus

Multiple - Item Menu

Multiple-Item Menu adalah menu yang memiliki banyak pilihan menu namun hanya dapat memilih satu saja.

0 Komentar:

Peraturan Dalam Berkomentar :

[+] Marilah Kita Budayakan Berkomentar Sesudah Membaca Artikel.
[+] Dilarang Menghina, Promosi Atau Iklan, Menyelipkan Link Aktif.
[+] Dilarang Berkomentar Yang Mengandung Unsur Porno, Spam, Sara, Politik, Profokasi.
[+] Budayakan Berkomentar Dengan Sopan, Bijak, dan Sesuai Artikel (Dilarang Berkomentar Diluar Topic)

Terima Kasih Sudah Berkunjung ^_^