Home » , , , , , , , , , » Cara Agar Laptop Lancar Memainkan Game Berat Part II

Cara Agar Laptop Lancar Memainkan Game Berat Part II

Yuhuuuuu, kali ini aku akan sedikit memberikan UPDATE dari artikel aku yg sebelumnya yaitu tentang Cara Supaya Laptop Lancar Main Game Game Yang Berat Silahkan di coba dulu tipsnya gaes, Nah kali ini aku akan memberikan Tips Cara Agar Laptop Lancar Saat Main Game Yang Berat Part 2.Kasus kali ini berdasarkan pengalaman pribadi aku sendiri ya gaes, mohon jgn langsung setuju 100% apa yang aku tulis ya gaes hehe, ada baiknya kalian tanyakan kembali saja kepada yang lebih ahli ya gaes hehe.

Yak akhir akhir ini aku merasakan laptop aku mengalami penurunan peforma gaes, yah memang laptop yang aku pakai ini lumayan tua sih ya wkk, seperti contohnya saat memainkan PES2017, Awal saya memainkan game ini lancar banget gaes, yah karena dilihat dari spesifikasi laptop aku sih udah mencukupi nih, tapi kok semakin lama semakin gak playable banget nih, PES2017 ngelag banget di laptop aku yg sekarang.

Jika kalian mengalami seperti apa yang aku alami nih gaes, laptop kamu udah memiliki spesifikasi yang bagus atau bisa di bilang udah cukup buat memainkan PES2017 tetapi masih saja ngelag, nah mungkin saja masalah ada pada Prosessor kita gaes. Kemungkikan terbesar adalah Prosesor kita mengalami overheating atau terlalu panas.
Kenapa ini bisa terjadi? Hal ini terjadi karena, selain VGA yang bekerja keras untuk menjalankan game, prosesor pun menaikkan kinerja dengan melakukan turbo boost. Perpaduan kedua upaya notebook untuk meningkatkan performa tadi, menghasilkan suhu yang tinggi. Suhu yang tinggi tersebut membuat prosesor secara otomatis menurunnkan kecepatannya hingga kisaran 1-1.2 GHz saja. Hal ini yang disebut dengan throttling. Bukan kerusakan, melainkan metoda pengamanan agar komponen di dalam notebook tidak cepat rusak karena kepanasan (terutama CPU). Bergantung pada notebook yang digunakan, umumnya throttling akan mulai aktif pada ambang batas suhu kisaran 75-90 derajat Celsius.

Nah terus gimana solusinya dong? Ada 2 cara gaes, Pertama Kita menghentikan turbo boost atau menghentikan throttlingCara kedua yaitu kita menjaga agar laptop kita tetap dalam keadaan dingin.Solusi

Melihat kondisi ini, solusi terbaik adalah dengan mematikan turbo boost atau bahkan merendahkan kecepatan prosesor. Asalkan kecepatan prosesor tidak terlalu rendah, game akan bekerja dengan lancar saja. Tanpa turbo boost, i5-2410M akan bekerja pada kecepatan 2.3 GHz. Kecepatan ini sudah sangat mencukupi untuk bermain game. Ingat, Core i5 Sandy Bridge ini memiliki performa sekitar 20% di atas Core i5 sebelumnya. Jika memungkinkan, turunkan saja kecepatan prosesor hingga kisaran 2.0 GHz. Kecepatan ini sudah cukup baik untuk game standar. Perlu diingat pula bahwa bermain game dengan notebook wajib menggunakan notebook cooler. Tanpa notebook cooler, notebook yang tidak dirancang khusus untuk gaming akan cepat mengalami kerusakan.

Pendingin Laptop 


Untuk menjaga laptop agar tetap pada suhu yang tidak terlalu panas kalian bisa menggunakan laptop cooler atau kipas laptop yang biasanyaa di tempatkan di bawah laptop kamu seperti ini : 

Atau kamu bisa inovasi baru dalam mendinginkan lapto sekarang ini, Vacuum Cooling dengan teknik menyedot panas dari dalam laptop cara ini dinilai ampuh dalam menurunkan suhu laptop kamu Seperti ini nih bentuknya 







Metode Pertama: Throttle Stop

Ada dua metode yang kami temukan untuk mengatasi masalah ini. Metode pertama adalah dengan menggunakan software yang bernama throttle stop. Anda bisa memperoleh software ini di http://www.techinferno.com/downloads/.  Download dan install software ini di notebook Anda. Selanjutnya, pilih salah satu profile dan gunakan multiplier di antara 20 s/d 23 untuk memastikan turbo boost tidak akan aktif. Patut diketahui, bahwa penggunaan software ini cenderung mengizinkan ambang batas suhu yang lebih tinggi. Jadi, pastikan pendingin tambahan (notebook cooler) Anda cukup baik, karena ambang batas suhu throttling akan mencapai kisaran 90 derajat Celsius.

Metode Kedua: Power Plan

Power plan pada Windows7 juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah ini. Akan tetapi, penggunaan metode ini tidak akan menaikkan ambang batas peringatan panas dari notebook. Jadi, pendinginan notebook harus lebih baik, agar notebook tidak memasuki zona throttling. Ikuti petunjuk di bawah ini untuk membuat sebuah Power Plan, baru dan set maximum processor state ke 99% untuk mematikan Turbo boost.

    Klik kanan logo baterai di sudut kanan bawah Windows, pilih ‘Power option’, lalu pilih ‘Create a Power Plan’. Dari sini, Anda tinggal memasukkan ‘Plan Name’ sesuai kebutuhan, lalu tekan ‘Next’

2.  Lakukan pengaturan sesuai yang diinginkan pada layar ini, lalu klik ‘Create’.

3.  Kini Power Plan yang dibuat akan muncul di dalam pilihan Power Plan. Langsung pilih ‘Change plan settings’.

4.  Dari pilihan ini, ambil ‘Change advanced power settings’.

5. Dalam pilihan Power options, pilih ‘Processor power management, lalu ubah opsi ‘Maximum processor’, di bagian ‘Plugged in (%)’. Gunakan 99% untuk mematikan turbo boost (2.3 GHz).

Catatan: pada notebook yang kami gunakan, 90% berarti prosesor bekerja pada 1.8 GHz dan tidak ada pilihan untuk memperoleh  kecepatan 2.0 GHz.

6. Sekarang, Anda bisa mengubah power option dengan gampang, sebelum bermain game. Cukup klik icon baterai dan pilih Power plan yang tadi dibuat.

Perlu diingat pula bahwa bermain game dengan notebook wajib menggunakan notebook cooler. Tanpa notebook cooler, notebook yang tidak dirancang khusus untuk gaming akan cepat mengalami kerusakan.
Yak segitu dari aku, kutang lebihnya mohon maaf, eh kurang maksudnya. HEHE ^_^
Jika ada yg ingin di tanyakan tolong komentar di kolom komen di bawah ya gaes ^_^


Incoming search terms:
  • download PES2017 di pc
  • download Crack PES2017 di pc
  • spesifikasi PES2017 2di pc
  • cara ampuh mengatasi lag di pes2017 pc
  • pes 2017 pc nge-lag
  • pes 2017 di pc patah patah
  • tips mengatasi lag pada pes 2017 pc
  • pes 2017 di pc ram 1 gb 
  • Cara ampuh mengatasi laptop yang overheat
  • cara ampuh menurunkan panas laptop
referensi : http://www.jagatreview.com/2011/08/solusi-untuk-bermain-game-lebih-lama-dengan-notebook/

3 Komentar:

  1. gan cara diatas buat prosi amd bsa ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduh, belum pernah pakai laptop yg procnya amd mas, tapi mungkin coba mas belikan cooling pad atau pendingin deh. ^_^

      Delete
  2. ikut nimbrung. bang adip :v
    blum bisa beli laptop wkwkwk

    ReplyDelete

Peraturan Dalam Berkomentar :

[+] Marilah Kita Budayakan Berkomentar Sesudah Membaca Artikel.
[+] Dilarang Menghina, Promosi Atau Iklan, Menyelipkan Link Aktif.
[+] Dilarang Berkomentar Yang Mengandung Unsur Porno, Spam, Sara, Politik, Profokasi.
[+] Budayakan Berkomentar Dengan Sopan, Bijak, dan Sesuai Artikel (Dilarang Berkomentar Diluar Topic)

Terima Kasih Sudah Berkunjung ^_^